Senin, 11 Mei 2015

Mata Kuliah Character Building



Halo sobat blogger, kali ini saya mau cerita nih tentang salah satu mata kuliah saya di prodi D3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Bandung. Nama mata kuliahnya yaitu Character Building. Keren kan mata kuliahnya pembentukan karakter gitu hehe. Awal-awal pertemuan sih mata kuliah ini banyaknya ngobrol-ngobrol gitu, lama-lama kelamaan makin kesini-kesini banyak dikasih tugas :( lumayan sih melelahkan apalagi awal-awal banget yang memang belum terbiasa dengan tugas banyak. Ada beberapa macam tugas yang di kasih dalam mata kuliah ini, salah satunya yang paling menarik tuh ketika kita disuruh untuk menjadi volunteer di panti asuhan. Pengalaman pertama banget bisa bercengkrama dengan adik-adik di panti asuhan disana. Kebetulan saya dengan partner saya Imam Ardhi dan Desti Nuraemunah (temen sekelas juga) memilih panti asuhan Tunas Bangsa di daerah Lembang. Dan kebetulan juga anak-anak panti disana itu sebagian besar duduk di bangku SMP dan SMA. Dan ketika kami kesana banyak waktu kita habiskan dengan belajar bersama, berbagi kebahagiaan dengan menonton film bersama dan juga bermain games-games yang seru banget deh pokoknya. Dari proses menjadi volunteer di panti asuhan itu, saya mendapatkan banyak pelajaran. Salah satunya, kita bisa lebih peka dan peduli terhadap sesama apalagi terhadap yang membutuhkan. Karena diluar sana banyak sekali orang yang butuh bantuan kita. Banyak sekali orang yang kurang beruntung bahkan anak kecil pun yang mencari sesuap nasi untuk menyambung kehidupannya. Jadi kita harus lebih menghargai lagi apa yang telah kita dapatkan, karena belum tentu orang lain juga mendapatkan apa yang kita punya.

                                                      foto bersama anak-anak panti Tunas Bangsa
                                                               
                                              dengan salah satu anak panti namanya Edi Fadiansyah

Untuk pembelajaran di kelas sendiri, kita belajar dari beberapa buku yang menurut saya bagus sekali dan sangat menarik. Yang paling pertama adalah buku Quantum Learning karya Bobbi DePorter. Lalu ada buku 7 habbits karya Sean Covey. Selanjutnya ada Soft Skills karya Peggy Klaus. Dan yang baru-baru kali ini dan sedang dibahas adalah buku Berpikir Strategis karya S.P Reid. Dari keempat buku tersebut kita juga suka diberikan tugas. Yang paling pertama sekali adalah kita disuruh untuk membuat rangkuman mengenai buku Quantum Learning. Setelah itu kita disuruh untuk membuat catatan TS mengenai buku-buku tersebut. Dan terkadang kita diberikan tugas untuk mempresentasikan mengenai buku-buku tersebut. Memang kelihatannya sulit untuk dijalani. Tetapi dibalik itu semua, secara tidak langsung dosen melatih kita agar terbiasa dengan tugas yang menumpuk. Karena memang pada kenyataannya ketika di dunia kerja ,kita juga bakalan mendapatkan pekerjaan yang sangat banyak. Selain itu juga kita dituntut untuk bisa berbicara di depan umum. Karena kemampuan public speaking itu sangatlah penting, terlebih bagi mahasiswa Administrasi Bisnis. 


Balik lagi berbicara tentang buku-buku yang dibahasa dalam mata kuliah ini, pasti sobat blogger ada yang udah tau dan familiar sama buku di atas kan? Memang buku-buku tersebut merupakan buku yang sangat laris dan juga memang buku yang sangat berkualitas. Tapi menurut saya pribadi, diantara keempat buku tersebut yang paling menarik bahasannya adalah buku 7 Habbits. Karena kenapa, di dalam buku tersebut terdapat 7 kebiasaan yang memang harus dimiliki seorang remaja, untuk menjadi remaja berkulaitas. Selain itu juga, buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga kita dapat dengan mudah mencerna isi bacaan yang di dalam buku 7 Habbits. Pada lain kesempatan saya bakalan mengupas dan membahas mengenai  7 kebiasaan yang ada di dalam buku 7 Habbits karya Sean Covey tersebut. Sekian dulu postingan saya kali ini jangan bosen-bosen untuk ngecek dan mengunjungi blog saya terus ya :D Terima Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar